Tarif Listrik PLN 900 VA, Ini Panduan Lengkap Tarif PLN

Tarif Listrik PLN 900 VA, Ini Panduan Lengkap Tarif PLN – Tarif listrik adalah sebuah biaya beban pemakaian listrik yang ditetapkan oleh PLN guna digunakan sebagai ukuran perhitungan biaya tagihan listrik tiap bulannya. Setiap tarif listrik yang diberlakukan itu berbeda antar tiap golongan daya yang digunakan oleh masing-masing konsumen.

Sekarang untuk pemasangan baru, PLN memberikan minimal daya sebesar 900 VA. Pihak PLN sudah tidak lagi memberikan daya 450 VA untuk pemasangan baru.

Advertisements

Jika Anda akan memasang meteran dengan daya 900 VA dan masih bingung mengenai tarif yang nantinya akan dibebankan, maka kami dengan senang hati akan menjelaskan mengenai tarif listrik PLN 900 VA melalui artikel ini.

Mengenal Tarif PLN 900 VA

Tarif PLN 900 VA kini merupakan tarif terendah dalam pemasangan meteran baru. Tarif 900 akan berbeda-beda tergantung dari golongan mana Anda masuk. Jika masuk pada golongan rumah tangga atau R-1, maka akan ada dua penerapannya yaitu R-1 bersubsidi dan non subsidi.

Namun jika Anda masuk pada golongan bisnis atau B-1, maka biaya yang diterapkan juga lain. untuk lebih jelasnya, maka berikut beberapa penerapan atas listrik daya 900 VA pada berbagai golongan yang ada di Indonesia:

  • R-1 900 VA dengan subsidi di dalamnya

Perhitungan akan subsidi di dalamnya menjadikan tarif yang akan Anda bayar adalah sebesar 586/kwh.

Advertisements
  • R-1 900 VA dengan non subsidi

Perhitungan dari R-1 900 VA non subsidi akan lebih besar dari yang mendapatkan subsidi. Untuk tarif yang dibebankan kepada Anda adalah sebesar 1352/kwh.

  • B-1 900 VA dengan subsidi

Tarif B-1 900 akan mendapatkan subsidi. Dari pemerintah. Golongan bisnis atau B-1 adalah tarif listrik yang diperuntukkan untuk kegiatan usaha. Jadi penerapan akan tarif listrik PLN 900 VA yang berlaku di dalamnya juga akan berbeda.

Untuk subsidi yang akan diberikan pada golongan B-1 adalah sampai dengan daya 1300 VA. Hal ini memang menjadi kebijakan untuk membantu pengusaha kecil semakin berkembang.

Untuk bisa masuk pada golongan bisnis, maka Anda harus mengurusnya terlebih dahulu dengan persyaratan berupa SIUP atas usaha yang Anda miliki pada kantor cabang PLN terdekat.

Setelah Anda melakukannya, maka petugas akan melakukan pengecekan terhadap lokasi usaha Anda. Dengan lulusnya pengecekan, maka Anda bisa melakukan migrasi dari R-1 ke B-1

  • Tarif S-2 900 VA dengan subsidi

Tarif S-2  adalah tarif yang diperuntukkan kepada lembaga sosial. Lembaga sosial seperti puskesmas, panti asuhan, masjid, dan lain sebagainya akan mendapatkan subsidi dari pemerintah dan mendapatkan perlakuan tarif khusus. Tarif yang dibebankan pada golongan S-2 900 VA adalah 455/kwh.

Itulah beberapa penerapan akan tarif listrik PLN 900 VA yang ada. Tiap golongan yang ada pastinya memiliki perhitungan tarif yang berbeda. Perhatikanlah tentang golongan yang Anda miliki agar mampu menghitung biaya yang dibebankan dengan lebih akurat.

Bagikan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *