Perhitungan Tagihan Listrik Dari Tanggal Berapa?

Perhitungan Tagihan Listrik Dari Tanggal Berapa?

Perhitungan Tagihan Listrik Dari Tanggal Berapa? – Artikel kali ini akan membahas tentang tanggal perhitungan tagihan listrik. Bagi Anda yang menggunakan listrik jenis pasca bayar tentu saja akan selalu mendapat tagihan listrik setiap bulannya.

Anda pun sudah harus siap dengan uang yang harus Anda bayarkan tersebut sesuai dengan total pemakaian listrik Anda pada bulan tersebut.

Advertisements

Jika Anda tidak bisa menghitung tagihan listrik sendiri maka Anda bisa saja terkejut ketika melakukan pembayaran karena biayanya yang membengkak. Untuk pembayaran tiap bulannya pun Anda tidak boleh terlambat karena bisa dikenakan denda.

Tanggal Perhitungan Tagihan Listrik

PLN sudah menetapkan untuk pembayaran tagihan listrik setiap bulannya yang jatuh pada tanggal 5 hingga tanggal 20 sebagai batas akhirnya pada setiap bulan.

Jika Anda telat membayarkan dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan tersebut maka Anda akan dikenakan denda yang bentuknya dapat beragam.

Pembayaran tagihan listrik ini bisa Anda lakukan di berbagai tempat seperti loket PPOB atau Payment Point Online Banking, kantor pos, minimarket, dan lain-lain.

Tetapi bagi Anda yang ingin cara lebih praktis juga bisa membayarnya melalui SMS banking, mobile banking dan juga internet banking.

Denda Keterlambatan Bayar

Perhitungan tagihan listrik biasanya akan dimulai setelah Anda melakukan pembayarannya secara lunas dalam jangka waktu yang sudah ditentukan oleh PLN tersebut. Jika Anda terlambat dalam membayar tagihan listrik maka Anda akan dikenakan biaya denda di luar harga tagihan listrik Anda sendiri.

Advertisements

Setelah Anda membayarkan tagihan Anda dengan tagihannya maka listrik Anda dapat dikatakan aman dan Anda masih bisa menikmati fasilitas tersebut.

Tetapi jika Anda terlambat atau tidak membayarkannya dalam jangka waktu tertentu, kemungkinan sanksi yang didapatkan sebagai berikut.

Perhitungan Tagihan Listrik Dari Tanggal Berapa?

  1. Pemutusan Sementara

PLN secara otomatis akan melakukan pemutusan sementara pada aliran listrik ke rumah Anda. Hal ini dapat terjadi jika dalam kurun waktu satu bulan Anda tidak segera melunasi biaya tagihan listrik beserta dendanya.

Untuk penyambungan kembali aliran listrik tersebut hanya bisa dilakukan oleh pihak PLN. Dengan catatan bahwa Anda akan melunasi seluruh jumlah tagihan listrik beserta dendanya sebelum jatuh tempo hingga 60 hari lamanya.

  1. Pemutusan Permanen

Lalu bagaimana jika Anda tidak membayarkannya hingga jatuh tempo lebih dari 60 hari? Maka sudah dipastikan bahwa sanksi yang akan Anda dapatkan adalah pemutusan permanen.

Pemutusan permanen ini akan dihitung sejak hari pertama setelah 60 hari tersebut. Untuk hal semacam ini sudah pasti Anda tidak bisa lagi menikmati fasilitas listrik secara permanen karena pemutusan sudah dilakukan secara permanen.

Oleh karena perhitungan tagihan listrik yang akan terus berjalan seiring dengan penggunaan listrik Anda. Maka sebaiknya Anda perlu memperhatikan kapan jatuh tempo pembayaran Anda setiap bulannya harus dilakukan. Sebab jika tidak maka sanksi yang Anda dapatkan bisa mempersulit diri Anda sendiri.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *