Perhitungan Listrik PLN 900 Watt Lengkap 2020

Perhitungan Listrik PLN 900 Watt Lengkap –  Sebagai pengguna listrik PLN 900 Watt pastinya Anda akan merasa waswas dengan biaya beban yang nantinya harus dibayar pada akhir bulan pemakaian listrik. Agar rasa waswas bisa terhindarkan, maka melakukan perhitungan listrik PLN 900 Watt bisa untuk Anda lakukan.

Untuk bisa melakukan perhitungan sendiri ini pastinya hal yang lebih dahulu Anda lakukan adalah mencari tahu mengenai tarif dasar listrik 900 Watt yang dibebankan. Dengan mengetahuinya, maka perhitungan bisa lebih akurat bukanya asal menghitung saja.

Advertisements

Cara Menghitung Beban Tarif Pada Meteran Rumah Daya 900 Watt

Akan ada beberapa langkah yang akan bisa Anda lakukan untuk memulai penghitungan biaya listrik 900 Watt pada meteran rumah. Berikut langkah-langkah yang bisa untuk Anda lakukan:

  • Mengenal beban tarif dasar listrik dengan daya 900 Watt

Langkah pertama adalah mengenal akan beban tarif dari daya 900 Watt yang Anda gunakan. Pastikanlah terlebih dahulu mengenai golongan beban dasar listrik 900 Watt yang Anda gunakan.

Perhitungan Listrik PLN 900 Watt Lengkap

Jika daya 900 Watt yang Anda miliki merupakan subsidi maka beban yang diterapkan adalah 586/kwh dan untuk listrik rumahan 900 Watt non subsidi adalah 1352/kwh.

Setelah mengetahui akan hal tersebut jelas membuat Anda mampu menghitung dengan lebih tepat mengenai jumlah biaya yang akan dibayarkan nantinya.

Advertisements
  • Mengecek semua perabotan elektronik yang digunakan setiap harinya

Setelah mengetahui akan golongan listrik yang dibebankan, maka langkah kedua adalah dengan mengecek semua perabotan elektronik yang ada dan digunakan setiap harinya.

Datalah dengan baik seluruh alat elektronik dengan mencantumkan beban listrik yang tertera. Semisal penggunaan lampu 5 watt, televisi  35 watt, kipas angin 15 watt, dan lain-lainnya.

  • Estimasi tentang biaya

Langkah ketiga adalah melakukan perhitungan dengan mengalikan beban alat elektronik dengan biaya beban tarif dasar yang dibebankan seperti yang tertera pada poin yang pertama.

Dengan melakukan hal tersebut jelas Anda akan mendapatkan hasil perhitungan listrik PLN 900 Watt yang mendekati akan ketepatan biaya sebenarnya.

Kesalahan Dalam Perhitungan

Kesalahan dalam menghitung bisa saja didapatkan saat Anda melakukan penghitungan sendiri ini. Kesalahan dalam perhitungan bisa terjadi karena hal berikut ini:

  • Jam konsumsi listrik dari alat-alat elektronik yang tidak tentu

Alat elektronik yang digunakan pastinya tidak akan menentu mengenai pemakaiannya. Mulai dari lampu, televisi, laptop, komputer, AC, kipas angin, dan sebagainya pastinya hanya bisa mengestimasi pemakaiannya sehari.

Estimasi yang sering salah inilah yang mengakibatkan hasil perhitungan meleset jauh dari biaya beban listrik PLN yang dibayar pada akhir bulan.

  • Kesilapan dalam hitungan

Sebagai manusia normal pastinya kesilapan dalam mengalikan atau menjumlahkan bisa saja terjadi. Dengan kesalahan tersebut jelas perhitungan listrik PLN 900 watt akan menjadi kurang tepat. Untuk bisa mengantisipasinya, maka ketelitian memang akan sangat diperlukan dalam perhitungan biaya listrik mandiri ini.

Bagikan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *