Penyebab Listrik Mati Tapi Meteran Tidak Turun

Listrik mati atau padam merupakan hal yang paling menyebalkan, terlebih jika hal ini terjadi pada malam hari maka akan sangat mengganggu bagi Anda yang masih beraktivitas menggunakan listrik.

Penyebab listrik mati dapat beragam seperti beban listrik yang melebihi batas, adanya korsleting, adanya alat elektronik terbakar, stop kontak terbakar, ataupun pemadaman dari PLN. Listrik yang padam biasanya ditandai dengan turunnya posisi MCB meteran dari posisi ON menjadi OFF.

Advertisements

Penyebab Listrik Mati Tapi MCB ON

Tetapi tidak jarang pula yang terjadi ketika listrik padam tetapi justru posisi MCB meteran masih tetap ON selayaknya listrik masih menyala.

Hal ini memang sebenarnya cukup membingungkan dan bahkan tidak jarang dari Anda yang takut terjadi sesuatu yang buruk. Oleh karena itu, simak penyebab listrik mati tapi MCB on berikut ini.

Penyebab Listrik Mati Tapi Meteran Tidak Turun

Penyebab Listrik Mati Tapi Meteran Tidak Turun
Penyebab Listrik Mati Tapi Meteran Tidak Turun
  1. Kabel Twis Longgar

Hal pertama yang mungkin terjadi jika listrik mati tetapi MCB tetap ON adalah terjadi kelonggaran sambungan dari kabel twis. Kabel twis merupakan kabel hitam yang biasanya menghubungkan antara listrik yang berasal dari tiang PLN menuju ke aliran listrik di rumah Anda.

Hal ini juga bisa terjadi jika ada pemadaman yang dilakukan oleh PLN yang membuat seluruh aliran listrik ke sekitar daerah rumah Anda diputus. Misalnya adalah jika ada kabel yang rusak ataupun terbakar dan PLN sedang mencoba untuk memperbaikinya.

Maka biasanya akan diadakan pemadaman di sebelumnya dan berlangsung hingga kerusakan sudah berhasil untuk diperbaiki oleh PLN.

  1. Putus Kwh Ke MCB

Hal lain yang mungkin terjadi adalah putusnya hubungan antara kwh meter Anda dengan MCB pada meteran. Anda bisa langsung mengecek kondisi dari kabel yang menghubungkan antara kwh meter ke MCB di meteran Anda. Jika memang terjadi masalah, maka penyebabnya memanglah demikian.

  1. Jalur Instalasi Listrik Rusak

Hal tersebut juga bisa terjadi akibat rusaknya jalur MCB ke instalasi listrik di rumah Anda. Anda dapat mengecek atau menguji sambungan tersebut. Karena mungkin saja ada yang lepas atau putus.

  1. Penurunan Kualitas MCB

Listrik mati tetapi MCB tetap ON juga bisa disebabkan oleh penurunan kualitas dari MCB itu sendiri. Biasanya apa yang terdapat di dalam MCB bisa saja sudah menurun kualitasnya yang disebabkan akibat pemakaian jangka panjang. Sehingga komponen-komponen di dalamnya sudah mengalami kerusakan. Jika hal ini terjadi di rumah Anda.

Maka Anda bisa langsung mengganti MCB Anda dengan yang baru. Caranya adalah Anda tinggal menghubungi PLN untuk meminta pembaharuan dari MCB meteran Anda.

Itulah artikel tentang penyebab listrik mati tetapi meteran tidak turun, Anda bisa mengecek satu per satu penyebabnya tersebut dan manakah yang paling sesuai dengan yang terjadi di rumah Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Advertisements

Pulsa Listrik Masih Ada Tapi Listrik Mati

Anda pasti pernah mengalami pulsa listrik masih ada tapi listrik justru mati, dalam hal ini tentu Anda tidak perlu panik karena listrik padam memang sudah menjadi hal yang biasa.

Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab padamnya listrik meskipun pulsa listrik Anda belum berada pada kondisi kwh yang kritis.

Banyak dari pelanggan listrik prabayar yang sering pula mengeluhkan hal-hal seperti listrik mati padahal MCB menyala dan berbagai hal lainnya.

Hal-Hal yang Bisa Dilakukan Jika Listrik Padam

Sebelum Anda bisa mengambil kesimpulan penyebab dari padamnya listrik di rumah Anda, maka Anda perlu mengidentifikasi penyebabnya terlebih dahulu.

Terlebih dalam kasus pulsa listrik masih ada tapi justru listrik mati, sehingga mudah untuk menentukan solusinya. Berikut ini hal-hal yang bisa Anda lakukan jika listrik di rumah Anda padam.

  1. Memperhatikan Keadaan Listrik Tetangga

Jika terjadi listrik padam di rumah, yang pertama harus Anda lakukan adalah memperhatikan keadaan listrik tetangga di sekitar Anda.

Jika memang tetangga yang berada dalam satu jalur listrik dengan Anda mengalami listrik padam pula. Maka artinya memang terjadi pemadaman dari pihak PLN, dan hal ini sudah wajar sehingga Anda hanya perlu menunggu untuk listrik menyala kembali.

Tetapi jika hanya rumah Anda yang padam maka kemungkinan terjadi kerusakan dan Anda perlu memeriksa kwh meter di rumah Anda.

  1. Mengecek Kwh Meter

Jika Anda mengecek keadaan kwh meter Anda dan ternyata masih menyala maka artinya masalah yang terjadi bukan berasal dari arus listrik yang ada di rumah Anda.

Sebab jika listrik mati maka biasanya arus listrik dari pusat pun akan mati karena adanya kabel jaringan SR. Tetapi hal ini hanya kemungkinan yang sangat kecil saja.

  1. Over Voltage

Cobalah Anda untuk melihat pemakaian listrik Anda apakah melebihi kapasitas ataupun tidak, sebab hal ini bisa mengakibatkan korsleting yang kemudian membuat listrik padam.

Terlebih untuk listrik prabayar sudah dilengkapi dengan teknologi switch otomatis yang digunakan untuk dapat mencegah sistem menjadi terlalu panas karena bisa berakibat fatal.

Sehingga jika Anda menggunakan listrik terlalu berlebihan maka biasanya secara otomatis listrik akan padam.

  1. Sekring Fusebox Tidak Kencang

Cobalah Anda untuk mengecek dan pastikan bahwa sekring benar-benar sudah tertancap dengan kuat. Anda bisa menggantinya dengan menggunakan box automatix circuit breaker yang bisa membantu agar tidak mudah terjadi korsleting listrik.

Jika Anda sudah menggunakannya maka hal semacam itu sudah sangat tidak mungkin terjadi kecuali jika memang terjadi pemadaman dari PLN. Tentu saja dengan catatan bahwa Anda menggunakan produk yang asli.

Demikian artikel tentang pulsa listrik masih ada tetapi listrik justru padam, intinya Anda jangan terlalu panik terlebih dahulu dan coba untuk lakukan beberapa hal yang sudah dijelaskan di atas, Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda ya.

Bagikan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *