Mengatasi Listrik PLN Naik Turun – Penyebab Dari Gangguan Tegangan Listrik Naik Turun

Mengatasi Listrik PLN Naik Turun

Mengatasi Listrik PLN Naik Turun – Permasalahan naik turunnya tegangan listrik atau under voltage sebenarnya merupakan permasalahan yang dari dulu selalu muncul dan terjadi pada masyarakat luas. Jika Anda melihat lampu yang tiba-tiba redup sendiri, maka itu bisa dijadikan ciri bahwa Anda sedang mengalami gangguan tegangan listrik.

Terjadinya listrik PLN naik turun akan sangat merugikan karena bisa menyebabkan alat elektronik yang Anda miliki menjadi rusak.

Advertisements

Akan ada berbagai penyebab yang bisa menjadikan masalah ini terjadi. Untuk mengetahui akan penyebab dan cara mengatasinya, maka bacalah artikel ini sampai habis.

Penyebab Dari Gangguan Tegangan Listrik Naik Turun

Berbagai penyebab memang akan bisa melatar belakangi terjadinya gangguan listrik naik turun atau under voltage ini. Berikut beberapa penyebab yang wajib untuk Anda ketahui:

Mengatasi Listrik PLN Naik Turun

  • Terlalu beratnya beban trafo distribusi

Beban berlebih pada trafo distribusi akan menyebabkan arus listrik menjadi tidak stabil untuk disalurkan. Biasanya hal ini terjadi di wilayah yang padat penduduk.

Trafo yang memang yang memang sudah terlalu banyak pemakainya ini memang bisa mengakibatkan kapasitas listrik menjadi kurang untuk didistribusikan.

  • Sambungan kabel yang kurang baik

Kurang baiknya sambungan kabel juga merupakan penyebab dari terjadinya permasalahan under voltage ini. Kabel yang sudah kendor ataupun rusak digigit tikus menjadikan kabel tidak maksimal dalam menyalurkan listrik. Hal inilah yang menyebabkan listrik menjadi tidak stabil.

Advertisements

Itulah beberapa alasan yang melatar belakangi mengenai peristiwa under voltage atau masalah listrik PLN naik turun. Setelah Anda mengetahui tentang penyebabnya, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengetahui cara untuk mengatasinya:

  • Memeriksa kelistrikan yang ada di dalam rumah

Untuk peristiwa under voltage yang terjadi di dalam rumah, maka Anda bisa mengatasinya dengan memeriksa instalasi kelistrikan yang ada dan terpasang.

Jika salah satu sudut rumah saja yang mengalami gangguan, maka periksalah instalasinya. Pemeriksaan instalasi bisa dimulai dengan memeriksa kelayakan kabel dan kelayakan sambungan.

  • Menghubungi pihak PLN

Untuk masalah yang under voltage degan lingkup yang lebih luas yaitu menyangkut trafo distribusi dan kabel yang terpasang di trafo tersebut, maka menghubungi pihak PLN merupakan langkah yang bisa dilakukan.

Pihak PLN pastinya akan sangat mengharapkan laporan tentang adanya permasalahan yang terjadi. Petugas PLN tidaklah mengetahui tentang peristiwa sehari-hari yang terjadi di lapangan karena pengecekan akan berlangsung satu bulan sekali.

Dengan Anda langsung menghubungi pihak PLN saat terjadi under voltage, maka penanganan akan langsung bisa dilakukan.

  • Menambah jumlah trafo

Permasalahan listrik PLN naik turun yang disebabkan karena beban trafo yang sudah over pastinya akan bisa teratasi dengan pihak PLN membuat trafo tambahan.

Namun pada penerapannya di pemukiman padat penduduk seperti Jakarta pasti kekurangan lahan menjadi penyebabnya. Karena itulah sidak dari pemasangan listrik ilegal langsung dari trafo sering dilakukan untuk menangkal kelebihan muatan pada trafo distribusi.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *