Lebih Hemat Mana Listrik Prabayar Atau Pascabayar

Lebih Hemat Mana Listrik Prabayar Atau Pascabayar

Lebih Hemat Mana Listrik Prabayar Atau Pascabayar – Dengan perkembangan kemajuan teknologi yang ada sekarang ini, PLN mencoba memberikan terobosan baru dengan cara meluncurkan sistem pembayaran listrik prabayar.

Sistem pembayaran listrik prabayar pun mulai ramai diminati masyarakat. Mereka mulai beralih dari sistem pembayaran pascabayar ke system pembayaran prabayar.

Advertisements

Namun, beberapa pertanyaan pun mulai muncul. Salah satu pertanyaan yang sering disinggung akhir-akhir ini adalah lebih hemat mana, listrik prabayar atau pascabayar?  Di artikel ini kita akan mencoba membahasnya.

Ada Hitungan Tersendiri

Sebenarnya baik listrik prabayar atau pascabayar memiliki keuntungan masing-masing. Perhitungannya pun juga berbeda. Dalam layanan prabayar, kita dapat fleksibel membeli token listrik dari mulai Rp. 20.000 hingga Rp. 1 juta.

Ditambah biaya-biaya tambahan seperti biaya administrasi dari pihak bank yang bekerja sama dengan PLN sebesar Rp. 1.600 sampai Rp. 3000 dan biaya Pajak Penerangan Jalan (PPJ) dari pemerintah daerah.

Sedangkan untuk listrik pascabayar, jumlah kebutuhan listrik per bulannya dapat dihitung dengan rumus: 3,91 kWh x 30 hari = 117,30 kWh. Jumlah ini nantinya tetap harus ditambahkan dengan biaya Pajak Penerangan Jalan (PPJ).

Lebih Hemat Mana Listrik Prabayar Atau Pascabayar

  • Keuntungan Listrik Prabayar

Sudah dijelaskan di atas bahwa listrik prabayar memiliki keuntungan yaitu kita bebas mengisi token sesuai dengan kebutuhan kita. Hal ini seperti halnya membeli pulsa telepon, jika pulsa kita habis maka kita mengisi lagi sesuai dengan kemauan kita.

Advertisements

Banyak yang berpendapat bahwa metode ini sangat mudah dan efektif. Namun, hal yang kita tidak sadari adalah ketika kita memilih listrik prabayar, kita akan membayar tiga jenis tagihan, tagihan listrik utama, biaya administrasi dan biaya pajak PPJ.

  • Keuntungan Listrik Pascabayar

Sedangkan disisi lain, listrik pascabayar tidak memiliki banyak jenis tagihan. Tagihan yang diminta hanyalah tagihan utama dan PPJ atau Pajak Penerangan Jalan. Ditambah lagi, kita tidak perlu repot-repot membeli token setiap token listrik kita habis.

Kita akan mendapat bill tagihan listrik yang harus dibayar setiap akhir atau awal bulan. Tidak akan ada alarm pemberitahuan ketika listrik tinggal 10 kwh.

Jadi kita sebagai pelanggan listrik harus bisa mengatur penggunaan listrik kita masing-masing  Namun, kita akan mendapat peringatan dari PLN jika kita telat membayar tagihan.

Nah, jika ada pertanyaan mana yang lebih hemat, maka jawabannya tetap berdasarkan kebutuhan rumah tangga masing-masing.

Lebih Hemat Mana Listrik Prabayar Atau Pascabayar

Karena setiap perangkat rumah tangga yang kita miliki, pasti memiliki arus listrik yang berbeda-beda. Jika dalam sebuah rumah sering menggunakan mesin cuci, setrika, kulkas dan rice cooker.

Pasti akan sangat mempengaruhi harga tagihan listrik nantinya karena barang-barang tersebut adalah jenis barang yang memiliki arus watt yang tinggi jika sering dipakai. Itulah pembahasan tentang lebih hemat mana listrik prabayar atau pascabayar. Semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *