Cek Tagihan Listrik PLN Tanjungpinang Bulan Ini 2020

Cek Tagihan Listrik PLN Tanjungpinang Bulan Ini

Cek Tagihan Listrik PLN Tanjungpinang Bulan Ini – Listrik adalah salah satu kebutuhan manusia pada peradaban sekarang. Tanpa listrik hidup terasa kurang apalagi alat elektronik sekarang ini sangat menjamur.

Kegiatan manusia sudah banyak yang digantikan oleh alat elektronik yang kebanyakan sumber dayanya berasal dari listrik. Peralatan rumah tangga juga kebanyakan menggunakan listrik seperti televisi, setrika, mesin cuci dan lain sebagainya.

Advertisements

Untuk penggunaan listrik bulanan dapat Anda cek dan cara mudah untuk cek tagihan listrik PLN tiap bulannya dengan aplikasi Android dari PLN.

PLN atau Perusahaan Listrik Negara merupakan suatu badan usaha yang menyuplai listrik di seluruh Indonesia. Namun, ada beberapa wilayah Indonesia yang belum terjamah oleh listrik.

Cek Tagihan Listrik PLN Tanjungpinang Bulan Ini

Cek Tagihan Listrik PLN Tanjungpinang Bulan Ini

Listrik dapat digunakan dengan sistem pasca bayar maupun prabayar. Sistem terbaru penggunaan listrik yaitu sistem pra bayar.

Sistem ini menggunakan pulsa listrik untuk kuota besarnya penggunaan listrik. Apabila pulsa habis, maka secara otomatis listrik akan mati.

Nah, daripada Anda direpotkan karena listrik mati secara tiba-tiba sebaiknya Anda cek tagihan listrik PLN Anda secara berkala.

Cara Praktis Cek Tagihan PLN

Advertisements

Cek tagihan listrik dapat dilakukan dengan mudah. Ada beberapa cara di bawah ini yang dapat dilakukan untuk mengecek tagihan listrik bulanan Anda.

  • Via online

Pengecekan tagihan dapat dilakukan dengan menggunakan  via online. Cara ini dapat Anda lakukan sendiri dengan menggunakan smartphone Android Anda ataupun komputer yang terhubung dengan internet.

Aplikasi yang dapat digunakan untuk pembayaran listrik seperti aplikasi pembayaran (Bukalapak, Kudo) dan aplikasi PLN lainnya. Anda bisa membayarnya dengan menggunakan saldo tabungan Anda tanpa perlu cash.

  • Via offline

Cara ini dilakukan dengan cara mendatangi langsung kantor-kantor resmi pembayaran listrik seperti kantor BPJS, bank dan lain sebagainya. Maksud dari offline adalah Anda mesti mendatangi loket-loket tersebut secara langsung untuk kemudian melakukan pembayaran tagihan listrik tersebut.

Bagi sebagian orang memang tagihan listrik secara offline ini memang dinilai cukup merepotkan karena kadang kala mereka mesti mengantre panjang di loket pembayaran. Jadi cara ini kurang begitu efisien apalagi bagi mereka yang seorang pekerja kantoran dan sulit pergi ke luar pada saat jam loketnya buka.

Tarif Listrik PLN

Tarif listrik ditentukan berdasarkan golongan-golongan. Ada listrik yang subsidi seperti golongan listrik R1 Rumah Tangga yang kurang mampu dan listrik non subsidi untuk rumah tangga yang mampu.

Dianggap rumah tangga mampu dimulai dari golongan R-1/900V. Lalu ada jenis tarif bisnis, tarif sosial, tarif Industri dan tarif publik yang semuanya merupakan listrik non subsidi.

Demikian informasi mengenai tagihan listrik. Saat ini, Anda dipermudah untuk melakukan cek tagihan listrik PLN dengan via online dari handphone sendiri tanpa perlu antre. Anda tinggal menggunakan aplikasi pembayaran ataupun langsung di browsing internet dan memasukkan nomor meter PLN.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *