Cek Tagihan Listrik PLN Bulan Lalu Pascabayar Yang Menunggak

Cek Tagihan Listrik PLN Bulan Lalu Pascabayar Yang Menunggak

Cek Tagihan Listrik PLN Bulan Lalu Pascabayar Yang Menunggak –¬†Sistem pascabayar PLN adalah salah satu sistem pembayaran dengan memakai jasa atau produknya terlebih dahulu baru Anda membayar tagihannya. PLN juga menerapkan dua sistem pembayaran yaitu pasca bayar dan prabayar.

Pembayaran sistem pascabayar biasanya menunggak dan tidak masalah pada pemakaian listrik saja. Hanya pembayaran yang bertambah karena tunggakan tersebut.

Advertisements

Berbeda dengan sistem prabayar, bila pulsa listrik habis maka secara otomatis aliran listrik akan mati. Anda bisa cek tagihan listrik PLN pascabayar dengan menggunakan beberapa cara.

Keuntungan Menggunakan Sistem Pascabayar

Sistem pasca bayar memiliki beberapa keuntungan bagi Anda. Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan pasca bayar yaitu:

  • Tidak takut listrik mati mendadak

Keuntungan pertama yaitu Anda tidak perlu risau dan takut bila suatu saat listrik mati mendadak. Anda bisa memakai listrik kapan pun sesuai kebutuhan tanpa perlu takut listrik mati mendadak.

Kecuali bila ada perbaikan listrik di daerah Anda, maka secara otomatis akan ada pemadaman untuk keamanan pekerja PLN.

  • Tagihan konstan.

Biasanya bila Anda menggunakan listrik pasca bayar, tagihan untuk tiap bulannya sama dengan tagihan bulan-bulan berikutnya. Perbedaan harga hanya beberapa saja tidak sampai melonjak drastis.

  • Bila menunggak, tidak takut listrik mati mendadak

Nah, bila pada bulan tertentu Anda tidak sempat membayar tagihan listrik, listrik tetap menyala. Nyala listrik juga tetap sama walaupun Anda menunggak membayarnya. Anda boleh menunggak namun menunggaklah yang wajar.

Penunggakan maksimal 1 bulan demi kelancaran dan kenyamanan Anda. Pembayaran bulan berikutnya akan ditambah dengan jumlah pembayaran bulan lalu.

Advertisements

Cek Tagihan Listrik PLN Bulan Lalu Pascabayar Yang Menunggak

Cek Tagihan Listrik PLN Bulan Lalu Pascabayar Yang Menunggak

Jatuh tempo pembayaran listrik biasanya pada 10 hari pertama bulan tersebut. Anda bisa cek tagihan listrik PLN pascabayar ini Anda pada minggu pertama bulan tersebut.

Cukup dengan menyetor nomor meteran listrik rumah Anda, maka Anda sudah dapat melihat besarnya tagihan yang harus Anda bayarkan. Anda dapat mengeceknya dengan beberapa cara yaitu:

  • Aplikasi Pembayaran

Aplikasi pembayaran saat ini sangat banyak modelnya. Contoh aplikasi pembayaran yaitu Kudo, Paytren, Bukalapak, Tokopedia dan lain sebagainya. Anda dapat mengunduh aplikasi tersebut dan gunakan sebijak mungkin. Selain untuk kepentingan diri sendiri, Anda juga dapat membantu orang lain atau untuk membuka usaha lewat aplikasi tersebut.

  • Via ATM

Anda yang memiliki ATN atau kartu kredit dapat digunakan pula untuk pembayaran tagihan listrik. Lewat mesin ATM, masuk ke menu pembayaran dan pilih pembayaran apa yang ingin Anda belanjakan. Pastikan saldo tabungan Anda mencukupi untuk membayar tagihan.

Dengan melakukan cek tagihan listrik PLN pascabayar ini Anda secara berkala untuk persiapan Anda agar tidak lupa dan tidak menunggak.

Jika mau repot maka Anda bisa langsung mendatangi loket PLN untuk menanyakan tagihan listrik bulan ini dan bulan lalu yang masih menunggak. Tentu Anda juga sekalian melakukan pembayaran agar sekali jalan.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *