Cek Daftar Harga Token Listrik Prabayar PLN

Cek Daftar Harga Token Listrik Prabayar PLN

Cek Daftar Harga Token Listrik Prabayar PLN – Artikel kali ini akan membahas tentang cek daftar harga token listrik prabayar PLN yang harus Anda ketahui. Pada tahun 2012 PLN sudah memperkenalkan suatu sistem pembayaran dari listrik prabayar melalui token dengan program listrik pintar.

Token listrik ini berupa 20 digit kode yang bisa Anda gunakan untuk menambahkan kwh listrik Anda. Jika dahulu Anda sering kali sulit mengendalikan biaya listrik tiap bulannya, saat ini Anda bisa mulai mengatur berapa biaya yang Anda budgetkan untuk listrik.

Advertisements

Daftar Harga Token Listrik Prabayar

Token ini bisa Anda beli dengan mudah di berbagai loket penjualan, minimarket, kantor pos dan lain-lain. Atau bahkan Anda bisa juga membelinya melalui bank, transfer ATM dan juga m banking yang tentu saja lebih praktis.

Untuk harga token listrik sendiri terbagi atas beberapa pilihan, berikut ini daftar harga token listrik prabayar PLN.

  • Token listrik Rp. 20.000
  • Token listrik Rp. 50.000
  • Token listrik Rp. 100.000
  • Token listrik Rp. 200.000
  • Token listrik Rp. 500.000
  • Token listrik Rp. 1.000.000

Cek Daftar Harga Token Listrik Prabayar PLN

Advertisements

Anda bisa memilih berbagai pilihan token listrik tersebut yang disesuaikan dengan kebutuhan listrik Anda. Setiap Anda membeli token listrik maka sudah termasuk biaya pajak lampu jalan, materai dan juga PPN.

Untuk pembelian token sebesar Rp. 250.000 hingga Rp. 1.000.000 maka akan dikenakan biaya sebesar Rp. 3.000. Dan khusus untuk pembelian Rp. 1.000.000 akan dikenakan biaya materai sebesar Rp. 6.000.

Selain itu, khusus untuk Anda yang memiliki daya listrik 3500 V maka akan dikenakan biaya PPN 10%. Sedangkan untuk Anda yang menggunakan daya listrik di bawah 3500 V maka PPN tidak dikenakan dalam hitungan persen, tetapi nilainya jauh lebih rendah.

Bagi Anda yang membeli token melalui bank maka Anda akan dikenakan biaya administrasi yang nominalnya tergantung dari kebijakan masing-masing. Tetapi sebagai salah satu contoh, bank Mandiri mematok biaya administrasi sebesar Rp. 3.000.

Tarif Dasar Listrik Prabayar

Pada dasarnya tarif dasar listrik akan selalu berubah sewaktu-waktu dan tidak menentu tergantung dari kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. Tarif dasar listrik ini merupakan harga yang sudah dipatok oleh pemerintah guna membayar listrik yang disesuaikan dengan kwh.

Perubahan dari tarif ini didasarkan atas beberapa alasan seperti harga BBM, nilai tukar rupiah yang selalu berubah, dan inflasi yang terjadi setiap bulan. Tetapi sesuai dengan keadaan pasar pada saat ini, tarif dasar listrik non subsidi berkisar di angka Rp. 1.467 per kwh.

Demikian artikel tentang cek daftar harga token listrik prabayar PLN yang perlu Anda ketahui sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Anda.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *