Cek Biaya Penggantian Meteran Listrik Prabayar yang Rusak

Cek Biaya Penggantian Meteran Listrik Prabayar yang Rusak – Artikel kali ini akan membahas tentang biaya penggantian meteran listrik prabayar yang rusak. Banyak orang yang masih belum memahami mengenai biaya penggantian dari meteran listrik yang rusak sehingga mudah untuk tertipu oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Banyak oknum yang memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat untuk melakukan pungutan liar dan menguntungkan musibah yang Anda alami. Bahkan mereka tak segan untuk mempersulit prosesnya sehingga bisa meminta bayaran yang cukup banyak kepada Anda.

Advertisements

Biaya Ganti Meteran Listrik

Sebelum Anda memberi tahukan kepada PLN terkait masalah yang Anda hadapi dengan meteran listrik Anda, maka ada baiknya Anda melakukan pengecekan terhadap meteran tersebut. Misalnya adalah Anda dapat mengira bahwa pulsa listrik Anda sudah habis tetapi meteran tidak berbunyi.

Jika hal ini terjadi dalam waktu yang sudah cukup lama dan melebihi batas reguler Anda mengisikan pulsa maka Anda patut mencurigainya.

Cek Biaya Penggantian Meteran Listrik Prabayar yang Rusak

Sebab kesalahan seperti ini berakibat fatal dan bahkan PLN bisa mengira Anda mencuri listrik sehingga akan dikenakan denda yang cukup besar. Bahkan bisa juga PLN akan memutuskan listrik yang ada di rumah Anda karena menganggap Anda bersalah.

Sehingga jika ini terjadi maka Anda akan dikenakan biaya pemasangan baru yang kisarannya lebih besar beserta dengan dendanya.

Advertisements

Untuk proses penyelesaian perbaikan dari meteran listrik yang rusak pada dasarnya tidak memakan waktu yang lama, yang membuatnya lama adalah petugas yang tidak langsung datang ke lokasi. Setelah perbaikan listrik dilakukan maka Anda akan diminta untuk tanda tangan bukti pelaksanaan yang sudah dilakukan oleh Anda.

Oleh karenanya selama perbaikan diharuskan Anda sedang berada di rumah yang akan bertindak sebagai saksi dan menandatangani beberapa persyaratan. Jika kerusakan meteran listrik di rumah Anda tidak diakibatkan adanya kecurangan maupun Anda tidak sedang menggunakan sambungan sementara.

Maka biaya penggantian meteran listrik prabayar yang rusak tersebut gratis atau tidak dipungut biaya sama sekali. Sehingga jika Anda mendapati kecurangan seperti dimintai biaya, Anda bisa melaporkannya ke pihak PLN langsung.

Cara Hubungi PLN

Untuk Anda bisa menghubungi PLN dan melaporkan adanya kerusakan meteran listrik ataupun keluhan lainnya. Anda bisa menghubunginya melalui beberapa cara berikut ini.

  1. Telepon

Nomor telepon dari PLN adalah 123 dengan tarif lokal. Kemudian jika Anda menghubunginya melalui ponsel maka Anda dapat menekan kode area lalu diikuti 123 yang akan disesuaikan dengan tarif provider.

  1. Email

Kirimkan email ke PLN di alamat pin123@PLN.co.id dan Anda dapat mengajukan beberapa hal seperti penyambungan baru, penyambungan sementara, perubahan daya, informasi pelanggan, dan pengaduan.

  1. Melalui SMS

Caranya adalah dengan mengirim SMS INFO kirimkan ke 08388888123

  1. Melalui Media Sosial

Facebook yaitu di akun PLN123 sementara untuk Twitter di akun @PLN_123

Demikian artikel tentang biaya penggantian meteran listrik prabayar yang sebenarnya adalah gratis. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda.

Bagikan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *