Cara Migrasi Listrik PLN Golongan RI ke BI lebih Hemat

Cara Migrasi Listrik PLN Golongan RI ke BI lebih Hemat – Bagi Anda pelaku usaha bisnis kecil dan menengah wajiblah untuk tahu mengenai golongan listrik yang diterapkan oleh pemerintah.

PLN sebagai pemasok listrik dari pemerintah negara Indonesia sebenarnya memberlakukan kebijakan dengan membagi berbagai macam golongan mengenai tarif listrik kepada semua warganya yaitu untuk rumah tangga, industri, dan sosial.

Advertisements

Bagi Anda yang merupakan pengusaha mikro kecil dan menengah, maka akan lebih menguntungkan jika menggunakan jenis tarif industri atau BI daripada menggunakan tarif dasar rumahan atau RI.

Kali ini kami akan mengulas tentang cara migrasi listrik PLN golongan RI atau rumahan ke tarif listrik usaha atau BI. Mengapa dan bagaimana hal tersebut diperlukan akan kami jelaskan di dalam artikel ini.

Keuntungan Migrasi Listrik Golongan RI ke BI

Kebijakan yang dibuat oleh PLN mengenai penggolongan dari tarif listrik adalah untuk membantu perkembangan industri atau usaha kecil dan menengah.

Jika Anda menggunakan listrik dengan daya 1300 VA dan menggunakan tarif listrik rumahan atau RI, maka akan dikategorikan sebagai masyarakat mampu dan tidak akan diberikan subsidi. Hal tersebut akan sangat merugikan karena listrik yang Anda gunakan tersebut adalah untuk keperluan usaha.

Cara Migrasi Listrik PLN Golongan RI ke BI lebih Hemat

Advertisements

Jika Anda merupakan seorang pengusaha yang membutuhkan tenaga listrik untuk operasionalnya, maka menggunakan tarif listrik golongan BI sebagai tarif dasar akan lebih murah dengan diberlakukannya subsidi di dalamnya.

Jadi dengan Anda menggunakan tarif listrik golongan BI untuk usaha, maka biaya beban yang lebih murah akan didapatkan.

Cara Migrasi Listrik PLN Dengan Langsung Mendatangi Kantor PLN

Cara migrasi listrik PLN golongan RI menuju BI memang akan bisa dilakukan dengan 2 cara. Cara yang pertama adalah dengan Anda langsung pergi ke kantor PLN dan cara yang kedua adalah melalui web resmi PLN secara online.

Kali ini kami akan menjelaskan tentang cara migrasi yang pertama yaitu dengan datang langsung ke kantor PLN. Untuk caranya adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan persyaratan sebagai berikut:

  • Membuat surat pengajuan tertulis yang berisi tentang ID rekening listrik PLN serta penjelasan tentang usaha yang sedang digeluti kepada kantor cabang PLN di kota Anda.
  • Foto copy KTP dari Anda selaku pemilik usaha sebanyak 1 lembar.
  • Foto copy SIUP (Surat Izin Perdagangan).
  • Foto lokasi usaha.
  • Materai 6.000 sebanyak 2 lembar.

Bawalah segala hal yang telah dipersiapkan tersebut dalam sebuah map yang kemudian diserahkan kepada petugas kantor PLN sebagai syarat pengajuan migrasi golongan tarif listrik. Setelah melakukannya, maka pihak kantor PLN akan mengutus petugas untuk survei lokasi guna menentukan layak tidaknya migrasi dilakukan.

Jika semua telah sesuai dengan prosedur, maka migrasi akan segera dilaksanakan. Itulah cara migrasi listrik PLN golongan RI dengan mendatangi kantor PLN secara langsung.

Bagikan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *