Cara Mengisi Token Listrik yang Sudah Habis

Cara Mengisi Token Listrik yang Sudah Habis

Listrik sudah menjadi kebutuhan yang paling penting, hal itu karena hampir semua aktivitas sehari-hari membutuhkan listrik.

Seiring dengan berkembangnya jaman, pengguna listrik saat ini sudah dimudahkan dengan adanya sistem listrik prabayar, di mana Anda harus membeli token listrik terlebih dahulu.

Advertisements

Cara mengisi token listrik ini ke dalam meteran listrik Anda sebenarnya sangatlah mudah, tetapi bagi Anda yang belum terbiasa mungkin masih merasa kebingungan.

Langkah-Langkah Mengisi Token Listrik

Pastikan bahwa Anda sudah membeli token listrik yang bisa dibeli di berbagai loket penjualan seperti minimarket, kantor pos, bank, penjual pulsa, dan lain-lain.

Bahkan Anda pun bisa membelinya melalui ATM dan juga m-banking yang tentu saja lebih praktis. Setelah itu, simak berikut langkah-langkah cara mengisi token listrik.

Cara Mengisi Token Listrik yang Sudah Habis
Cara Mengisi Token Listrik yang Sudah Habis

Cara Mengisi Token Listrik yang Sudah Habis

  1. Setelah Anda membeli token listrik, maka Anda akan diberikan nomor token yang berupa 20 digit kode angka yang dicantumkan pada struk pembelian ataupun resi. Jika Anda masih merasa bingung maka Anda bisa bertanya ke penjual manakah yang dimaksud dengan nomor token.
  2. Masukan 20 digit angka token yang sudah Anda terima pada meteran listrik. Caranya adalah dengan mengetikan nomor melalui angka-angka yang ada pada meteran listrik. Setelah Anda memasukkan ke 20 digit angka dan sudah pasti tercantum di layar MPB, maka selanjutnya adalah mengklik Enter.
  3. Apabila ketika Anda mengetikan kode token tadi ternyata melalukan kesalahan dalam pengetikan atau penginputan angka. Maka Anda bisa menghapusnya dengan menggunakan tombol Backspace yang ditandai dengan ß.
  4. Apabila kode yang Anda masukan sudah benar semua, maka muncul di layar MBP tulisan Accept. Setelah itu barulah Anda bisa menekan tombol Enter. Setelah itu layar MBP menampilkan nilai kwh yang sesuai dengan pulsa listrik yang sudah Anda beli. Dan secara otomatis daya listrik Anda bertambah.
  5. Apabila setelah Anda menekan tombol Enter ternyata layar MBP memunculkan kata Reject, artinya kode token yang Anda masukan kemungkinan ada yang salah. Anda bisa mencoba untuk mengulanginya kembali.

Indikator Daya Pada Meteran Listrik

Untuk dapat mengetahui bagaimana keadaan daya yang ada pada meteran listrik Anda, maka Anda bisa mengeceknya melalui lampu LED yang ada pada meteran tersebut. Berikut ini indikator lampu LED tersebut.

  1. Hijau : Menunjukkan bahwa persediaan kwh listrik Anda masih sangat banyak
  2. Kuning : Menunjukkan bahwa persediaan kwh listrik Anda cukup banyak
  3. Merah : Menunjukkan bahwa persediaan kwh listrik Anda hampir habis
  4. Merah yang berkedip dan berbunyi : Menunjukkan bahwa persediaan kwh listrik Anda sudah sangat kritis

Demikian artikel tentang cara mengisi token listrik yang sudah habis dan bisa Anda praktikan di rumah karena caranya memang sangat mudah dan sederhana. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Advertisements

Cara Mengisi Pulsa Listrik Secara Elektrik

Listrik prabayar atau pulsa listrik saat ini sudah menjadi alternatif bagi warga untuk dapat mengatur dan menghemat pengeluaran listriknya.

Pulsa listrik ini berbeda dengan pulsa pasca bayar yang mengharuskan Anda membayar listrik pada setiap bulannya secara rutin.

Sementara cara mengisi pulsa listrik ini bisa Anda beli kapan saja dan dengan nominal berapa saja mulai dari Rp. 20.000 hingga Rp. 2.000.000. Anda bisa membeli pulsa listrik ini melalui banyak cara di antaranya yaitu minimarket, ATM, m-banking, kantor pos, dan lain-lain.

Mengisi Pulsa Listrik Secara Elektrik

Jika Anda memilih cara mengisi pulsa listrik secara elektrik melalui loket penjualan maka Anda hanya tinggal menunjukkan nomor meter listrik Anda. Setelah itu Anda membayarnya dan akan mendapatkan nomor token listriknya.

Pengisian pulsa secara elektrik melalui ATM dan m-banking berbeda dengan melalui loket penjualan, oleh karena itu akan dijabarkan langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Melalui ATM

Jika Anda tidak memiliki uang cash maka bisa melakukan transaksi melalui ATM yang tentu saja lebih praktis. Berikut ini langkah-langkah untuk membeli pulsa melalui ATM.

  • Pertama-tama Anda masukkan kartu ATM Anda ke dalam mesin kemudian input PIN Anda
  • Klik pilihan menu Transaksi Lainnya
  • Kemudian Anda pilih kembali dengan mengeklik Voucher Isi Ulang, maka akan muncul adanya sub menu yang harus Anda pilih
  • Klik pilihan menu Lainnya
  • Klik pilihan PLN Prepaid
  • Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan nomor meteran listrik Anda, yang kemudian akan diminta juga untuk mengisikan nominal pulsa yang ingin dibeli
  • Jika sudah, maka Anda tekan benar
  • Setelah itu, maka Anda akan mendapatkan resi yang tercetak dari mesin ATM secara otomatis, Untuk nomor token listrik, sudah langsung tertera di dalam resi tersebut yang langsung dapat Anda input ke meteran listrik Anda
  1. Melalui M-Banking

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk membeli pulsa listrik, maka Anda pun bisa membelinya melalui smartphone Anda di mana pun dan kapan pun.

Caranya dengan memanfaatkan fasilitas m-banking, tetapi yang akan dijelaskan kali ini adalah m-banking dari BCA. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Pastikan bahwa Anda sudah memiliki aplikasi m-banking dari BCA dan kemudian Anda dapat langsung masuk ke dalam aplikasi tersebut
  • Klik menu m-commerce
  • Klik menu Lainnya
  • Klik PLN
  • Kemudian Anda diminta untuk memasukkan nomor meteran listrik atau juga ID pelanggan
  • Berikutnya Anda dialihkan ke halaman yang memuat informasi-informasi seperti ID pemilik, biaya admin. Kemudian klik Ok
  • Anda pun akan dialihkan kembali ke halaman yang memberitahukan bahwa Anda sudah berhasil melakukan pembelian pulsa melalui m-banking yang juga memuat nomor token listrik.
Cara Mengisi Token Listrik yang Sudah Habis
Cara Mengisi Token Listrik yang Sudah Habis

Berbagai kemudahan mengenai cara mengisi pulsa listrik ini tentu saja akan sangat membantu Anda dalam proses transaksi pembayaran karena tersedia berbagai pilihan cara. Anda bisa menyesuaikan dengan cara yang paling mudah dan tidak mengganggu waktu Anda.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *