Cara Menghitung Tagihan Listrik Dari Meteran

Menghitung Tagihan Listrik Dari Meteran – Artikel kali ini akan membahas tentang cara menghitung tagihan listrik dari meteran. Untuk menghitung tagihan listrik pada dasarnya adalah hal yang sangat mudah, tetapi kebanyakan dari Anda cukup malas untuk melakukannya.

Padahal hitungan tagihan listrik ini cukup penting terutama bagi pengguna listrik pasca bayar untuk dapat meminimalisir tagihan yang membengkak. Jika tidak mengetahuinya, maka di saat tempo pembayaran listrik, Anda pun bisa sangat kaget dan heran.

Advertisements

Hitung Tagihan Listrik Lewat Meteran

Cara menghitung tagihan listrik dari meteran ini merupakan cara yang paling sederhana. Misalnya pada meteran listrik Anda tercantum saldo dengan besaran 1.00 yang artinya adalah 1.00 kwh.

Seperti yang kita tahu bahwa 1 kwh nilainya adalah 1000 watt jam, dan di sini Anda akan menghitung kapan daya 1 kwh tersebut bisa habis.

Cara Menghitung Tagihan Listrik Dari Meteran

Misalnya adalah Anda memiliki barang elektronik dengan daya sebesar 1000 watt, maka jika Anda menyalakannya selama satu jam, 1 kwh tersebut akan habis.

Tetapi misalnya Anda hanya menyalakannya selama 30 menit saja maka Anda hanya akan menghabiskan 0.5 kwh saja. Lalu misalnya daya barang elektronik Anda hanya sebesar 100 watt, maka untuk saldo sebesar 1 kwh tersebut akan habis dalam 10 jam.

Advertisements

Begitu pula misalkan daya barang elektronik yang Anda nyalakan hanya sebesar 50 watt maka untuk daya 1 kwh tersebut akan habis setelah 20 jam menyala.

Sekarang katakanlah bahwa Anda habis membeli token listrik senilai Rp. 20.000 dan Anda mendapatkan daya sebesar 12.90 kwh atau 12900 watt.

Di sini Anda bisa menghitungnya sendiri, misalnya daya barang elektronik yang digunakan sebesar 50 watt. Maka listrik Anda akan habis setelah 258 jam menyala.

Berikut Cara Menghemat Listrik

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara menghitung kwh listrik Anda, tentu Anda menyadari bahwa Anda harus menghemat listrik agar tagihan yang dikeluarkan tidak membengkak.

Bagaimana caranya? Simak beberapa penjelasan berikut ini.

  1. Menggunakan lampu yang hemat listrik walaupun jenis lampu semacam ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan lainnya. Tetapi Anda mendapatkan banyak keuntungan dari pembelian lampu tersebut, yaitu dapat menghemat listrik sebanyak 80% dan juga usia lampu yang tahan lama.
  2. Jangan terlalu sering menyalakan ON OFF mesin pompa air, sebaiknya Anda gunakan penampungan air agar lebih stabil penggunaan listriknya. Sebab jika Anda sering menyalakan ON OFF tersebut maka daya listrik akan naik sebanyak 3 sampai 7 kali lipat. Kenaikan ini terjadi pada awal 0.2 detik ketika mesin pompa dinyalakan.
  3. Menggunakan berbagai barang elektronik yang seperlunya saja, jangan berlebihan dan meninggalkannya menyala ketika Anda sudah tidak lagi membutuhkannya.

Demikian artikel tentang cara menghitung tagihan listrik dari meteran yang dapat Anda lakukan untuk bisa mengantisipasi melonjaknya biaya tagihan listrik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda ya.

Bagikan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *