Cara Mengatasi Listrik yang Tiba-Tiba Padam Lakukan Ini

Cara Mengatasi Listrik yang Tiba-Tiba Padam Lakukan Ini

Artikel kali ini akan membahas tentang cara mengatasi listrik yang tiba-tiba padam di rumah Anda. Hampir semua kegiatan sehari-hari membutuhkan adanya listrik karena banyak kegiatan tersebut yang didukung dengan adanya alat elektronik.

Terlebih jika hal ini terjadi pada malam hari di mana Anda membutuhkan lampu untuk dapat melakukan banyak hal. Oleh karena itu, jika terjadi lampu yang padam tentu saja Anda akan berusaha untuk mencari solusinya dengan cepat.

Advertisements

Solusi Listrik yang Tiba-Tiba Padam

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang adalah matinya listrik yang secara tiba-tiba di mana kondisi Anda sedang tidak siap atau sedang melakukan aktivitas penting. Tidak jarang hal ini disebabkan oleh pemadaman yang memang dilakukan oleh PLN.

Tetapi kalau hanya listrik rumah Anda yang padam tentu saja bukan PLN penyebabnya. Jika hal itu terjadi, tetaplah tenang dan coba ikuti beberapa panduan solusi yang akan dijelaskan berikut ini.

Cara Mengatasi Listrik yang Tiba-Tiba Padam Lakukan Ini
        Cara Mengatasi Listrik yang Tiba-Tiba Padam Lakukan Ini
  1. Mengubah Posisi Sakelar MCB

Hal pertama yang bisa Anda lakukan dari cara mengatasi listrik yang tiba-tiba padam adalah dengan mengecek keadaan MCB di meteran listrik rumah Anda. Jika Anda menemukan bahwa sakelar MCB ada di posisi OFF atau dengan kata lain mengarah ke arah bawah atau turun.

Maka solusinya sangat mudah yaitu hanya tinggal menaikkan posisinya ke atas menjadi ON. Jika memang saat Anda mencoba memindahkannya, sakelar selalu kembali turun maka penyebabnya adalah  korsleting listrik.

Cara mengatasinya adalah dengan mencabut beberapa kabel elektronik yang cukup memakan daya listrik tinggi, barulah Anda kembali menyalakan sakelar MCB ke posisi ON.

  1. Memeriksa Kondisi Sekring

Apabila di rumah Anda masih memakai sekring dengan modal yang lama atau yang bentuknya adalah tabung mengerucut artinya Anda perlu mengecek keadaan sekring tersebut. Sebab kemungkinan bisa saja terjadi bahwa kabel kawat yang berada di dalamnya putus karena terbakar.

Penyebab hal ini terjadi adalah karena  korsleting atau beban daya yang terlalu berat di mana Anda terlalu banyak menyalakan barang elektronik dengan watt besar.

Jika ini terjadi maka Anda dapat melepas sekring dari tempatnya, kemudian lepas juga kedua penutupnya. Jika sudah terputus maka Anda bisa mengganti dengan kabel tembaga.

  1. MCB Kwh Sudah Rusak

Semakin lama usia dari MCB Anda bisa saja akan menurun kualitasnya meskipun Anda sudah menggunakan yang paling bagus sekalipun. Di dalam MCB biasanya terdapat sakelar mekanis yang bisa berpengaruh pada aliran listrik.

Jika hal ini terjadi maka Anda tidak bisa sembarangan menggantinya sendiri, Anda harus menghubungi pihak PLN untuk segera mengatasi masalah tersebut.

Advertisements

Demikian artikel tentang cara mengatasi listrik yang tiba-tiba padam di rumah Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan pengetahuan Anda terkait solusi listrik padam di rumah Anda.

Meteran Listrik Prabayar Mati Total

Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat saat ini karena mampu menunjang berbagai aktivitas sehari-hari. Sehingga jika terjadi listrik padam maka hampir semua orang selalu mengeluhkan hal ini dan mencoba mencari solusi terbaiknya untuk segera diperbaiki.

Untuk mengetahui penyebab meteran listrik prabayar mati total tentu saja Anda perlu mengecek beberapa hal yang mungkin bisa menjadi pemicunya.

Penyebab Meteran Listrik Prabayar Mati Total

Bagi Anda yang menggunakan listrik prabayar sudah pasti pernah mengalami listrik yang mati secara total. Sebenarnya Anda pun bisa mengidentifikasi pemicunya sendiri sebelum Anda memutuskan solusi tepatnya.

Berikut ini kemungkinan penyebab meteran listrik prabayar mati total yang bisa dijadikan acuan bagi Anda.

  1. Terlalu Banyak Beban Listrik

Terkadang Anda mungkin tidak sadar menggunakan terlalu banyak barang elektronik di rumah Anda tanpa memperhatikan daya listrik Anda. Hal ini tentu saja dapat membuat listrik Anda padam secara otomatis.

Misalnya adalah daya listrik rumah Anda hanya sebesar 900 watt tetapi Anda menggunakannya hingga 1200 watt. Solusinya adalah dengan mematikan beberapa barang elektronik hingga sekiranya mencapai di bawah daya 900 watt barulah Anda menyalakan sekring Anda kembali.

Jika bagi Anda semua barang tersebut penting maka Anda bisa mengganti daya listrik Anda menjadi lebih tinggi, tetapi tentu saja biaya listriknya pun menjadi tinggi pula.

  1. Meteran Listrik Sensitif

Pada dasarnya meteran listrik prabayar memang sangat sensitif, hal tersebutlah yang sering menjadi pemicu listrik yang tiba-tiba saja padam.

Maksudnya sensitif di sini adalah ketika terjadi suatu masalah pada jaringan instalasi listrik di rumah Anda. Maka secara otomatis meteran listrik tersebut langsung padam untuk menghindari hal-hal yang lebih berbahaya.

  1. Korsleting

Hubungan arus listrik yang pendek sering menjadi pemicu korsleting di beberapa tempat dan menyebabkan meteran listrik menjadi mati total.

Hal ini dapat dikatakan salah satu kelebihan dari meteran listrik prabayar yang langsung mampu mengidentifikasi adanya hubungan arus pendek. Sehingga Anda bisa terhindar dari adanya kebakaran di rumah Anda.

  1. Kualitas Kabel Instalasi Buruk

Jika Anda menggunakan kabel instalasi yang buruk, hal ini juga sering menyebabkan meteran listrik mati. Sebab dengan menggunakan kabel instalasi yang buruk tersebut maka dapat memicu terjadinya hubungan arus pendek yang tentu saja sangat berbahaya.

Oleh karena itu gunakanlah kabel instalasi yang sudah memenuhi standar sehingga terhindar dari listrik padam dan juga hubungan arus pendek. Jika Anda tidak segera menggantinya maka bisa saja listrik Anda menjadi sering sekali padam.

Demikian artikel tentang penyebab dari meteran listrik prabayar mati total yang mungkin saja salah satu penyebab di atas menjadi pemicu padamnya listrik di rumah Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Anda.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *