Cara Mengatasi Listrik Rumah Yang Tiba-Tiba Padam/Mati

Cara Mengatasi Listrik Rumah Yang Tiba-Tiba Padam – Hal yang menyebalkan ketika kita sedang beraktivitas di rumah adalah saat kita beraktivitas saat kondisi mati listrik.

Kondisi mati listrik yang tiba-tiba kadang membuat kita panik karena banyak aktivitas-aktivitas di rumah yang menggunakan arus listrik seperti memasak nasi, mandi, sampai menonton televisi.

Advertisements

Ditambah lagi, jika kita mempunyai usaha-usaha rumahan seperti laundry, rental fotocopy dan sebagainya, pasti usaha kita akan sangat terganggu. Terlepas dari itu semua, ada beberapa hal untuk mengatasi listrik rumah yang tiba-tiba padam/mati yang perlu kalian ketahui.

Tips yang Bisa Dilakukan

Listrik yang mati/padam sebenarnya merupakan hal yang wajar. Namun, kadang kita seolah tidak siap untuk menghadapi hal ini.

Sebenarnya, ada beberapa jenis mati listrik. Mati listrik yang pertama adalah karena diadakannya pemadaman bergilir oleh PLN. Kedua adalah mati listrik karena pemadaman yang disebabkan oleh sesuatu hal yang mendadak seperti bencana alam dan perbaikan instalasi listrik.

Cara Mengatasi Listrik Rumah Yang Tiba-Tiba Padam/Mati

Ketiga adalah mati listrik dikarenakan beban listrik yang tinggi. Pemadaman ini bersifat lokal dan sering kita sebut sebagai anjlok. Nah, di artikel ini kita kan membahas tentang cara mengatasi listrik rumah yang tiba-tiba padam/mati

  • Mengecek Listrik Tetangga

Ketika listrik di rumah kita mati/padam dengan tiba-tiba. Hal yang wajib kita lakukan pertama kali adalah mengecek listrik tetangga.

Jika listrik tetangga ikut mati, berarti ada kemungkinan bahwa sedang terjadi pemadaman dari PLN, entah pemadaman yang bersifat bergilir atau pemadaman yang bersifat mendadak karena alasan tertentu.

Namun, jika listrik tetangga tidak mati. Berarti mungkin saja listrik rumah kalian sedang anjlok. Lihatlah meteran listrik kalian, jika tuas listrik mengarah ke angka 0, berarti dapat dipastikan kalau listrik kalian sedang anjlok.

Advertisements

Jika terjadi anjlok, jangan buru-buru untuk menari tuasnya menjadi 1, tapi lihatlah dulu penyebab beban listrik yang berlebihan. Beban ini bisa berasal dari pompa air, kulkas dan microwave. Cabutlah listrik dari benda-benda tersebut sebelum menyalakan listrik kembali.

  • Melihat Waktu Pemadaman

Sebenarnya, kita bisa melihat jenis mati listrik yang sedang terjadi dengan melihat waktu saja. Jika mati listrik terjadi di atas jam 9 pagi, maka kemungkinan besar sedang terjadi pemadaman listrik bergilir dari pihak PLN.

Pemadaman listrik bergilir biasanya terjadi pada pukul 9.00 hingga 15.00. Walaupun terkesan terjadi mendadak, namun sebenarnya pihak PLN setempat biasanya sudah melakukan pemberitahuan terlebih dahulu.

Jika listrik kita pada di luar jam pemadaman bergilir, maka bisa saja pemadaman tersebut bersifat sementara karena terjadi perbaikan instalasi listrik atau bencana alam di dekat daerah kalian. Namun, pemadaman seperti ini juga dapat terjadi di saat jam pemadaman bergilir.

Mengenali jenis-jenis mati listrik seperti yang di atas merupakan salah satu cara untuk mempermudah aktivitas sehari-hari kita Jika kita terpaksa dihadapkan dengan pemadaman bergilir, maka mau tak mau kita wajib menunggu listrik nyala kembali agar dapat beraktivitas.

Cara Mengatasi Listrik Rumah Yang Tiba-Tiba Padam/Mati

Rajinlah mengecek situs atau akun media sosial PLN di kotamu agar kalian lebih mudah dalam mengantisipasi pemadaman bergilir atau pemadaman lainnya. Berikut adalah cara  mengatasi listrik rumah yang tiba-tiba padam/mati. Semoga bermanfaat.

Bagikan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *