Cara Cek Tagihan Listrik PLN Via SMS Cepat 2020

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Via SMS Cepat 2018

Cek Tagihan Listrik PLN Via SMS  – Listrik merupakan hal yang sangat penting saat ini karena pada era sekarang semuanya serba digital dan membutuhkan listrik sehingga listrik merupakan kebutuhan pokok warga dunia saat ini.

Listrik dibutuhkan mulai dari rumah tangga, kantor, sekolah, pabrik, hingga fasilitas umum sehingga listrik merupakan sebuah ketergantungan saat ini. Untuk itu apakah Anda tahu cara cek tagihan listrik via SMS?

Advertisements

Listrik sendiri terbagi dari dua jenis metode pembayarannya yaitu :

  1. Pra bayar

Listrik jenis pra bayar ini menggunakan token atau pulsa. Sistem penggunaannya sama seperti pulsa dalam handphone yang harus diisi dahulu apabila kita ingin menggunakannya. Jadi pengguna diharuskan membayar di awal sebelum menikmati fasilitas listrik itu sendiri.

Dengan begitu pengguna diharuskan mengecek meteran listrik agar tidak terjadi kehabisan token ketika ingin menggunakan listrik sendiri. Namun terdapat informasi peringatan bunyi “beep-beep-beep” pada meteran listrik yang berarti pengguna harus segera mengisi ulang token.

  1. Pasca Bayar

Listrik jenis pasca bayar ini menerapkan sistem menggunakan listrik selama satu bulan yang kemudian baru dibayarkan di akhir.

Sistem pasca bayar ini terdengar lebih praktis dibandingkan sistem pra bayar namun kita tidak dapat mengetahui atau mengontrol penggunaan listrik seperti pada sistem pra bayar sehingga rawan terjadi pembengkakan tagihan listrik saat akan dilakukan pembayaran.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Via SMS Cepat 

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Via SMS Cepat 2018

Advertisements

Namun saat ini PLN menyediakan fitur cek tagihan listrik yang memudahkan pengguna untuk mengontrol pemakaian listrik setiap bulannya, salah satu fiturnya yaitu cek via SMS.

Dalam menerapkan fitur cek via SMS, PLN menggandeng beberapa operator yang ada di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Flexi dll untuk mendukung agar masyarakat semakin mudah dalam menggunakan fasilitas ini.

Pengguna dapat berlangganan paket agar mendapatkan informasi mengenai jumlah tagihan listrik setiap bulanannya atau pengguna cukup memeriksa tagihan tersebut ketika diperlukan saja, misal saat ingin membayar rekening listrik.

Cara cek tagihan listrik via SMS adalah dengan mengirimkan SMS ke nomor 8123 dengan format: PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor pelanggan PLN. Contohnya, PLN ON 123456789012 kirim ke nomor 8123.

Sedangkan untuk menghentikan langganan jumlah tagihan listrik pengguna diharuskan  untuk mengirim SMS ke nomor 8123 dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan. Contohnya, PLN OF 123456789012 kirim ke nomor 8123.

Namun pengguna dapat melakukan pengecekan tanpa harus berlangganan terlebih dahulu dengan cara mengirimkan SMS ke nomor 8123 dengan format REK (spasi) No ID Pelanggan PLN.

Contohnya: REK 123456789012 kirim ke nomor 8123. Untuk biaya yang dibebankan adalah sebesar Rp. 500/sms (exclude PPN 10%).

Nah sangatlah mudah bukan cara cek tagihan listrik via SMS ini? Untuk itu Anda pun bisa langsung mempraktikinya, sehingga Anda dapat lebih bisa memahami bagaimana cara kerjanya, semoga berhasil.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *