Cara Cek Tagihan Listrik PLN Bulanan

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Bulanan

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Bulanan – Barang elektronik saat ini semakin menjamur dan apa pun sekarang menggunakan perangkat elektronik. Barang elektronik ini memanfaatkan listrik atau sejenisnya untuk memudahkan pekerjaan kita.

Barang elektronik untuk rumah tangga sangat beragam sehingga dapat membantu ibu rumah tangga dalam menyelesaikan pekerjaan rumahnya. Untuk itu, pemasangan listrik di setiap rumah sebaiknya dilakukan karena sekarang ini orang-orang tidak dapat hidup tanpa listrik.

Advertisements

Meski sangat membantu namun penggunaan listrik juga mesti diperhatikan karena adanya biaya tagihan listrik PLN untuk pascabayar di mana sering timbul pertanyaan apakah pemakaian bulan ini banyak atau standar.

Nah, bagi Anda yang menggunakan sistem pascabayar sekarang Anda bisa mengeceknya sendiri. Anda cukup menyediakan nomor meteran listrik Anda dan Anda dapat browsing di internet.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Bulanan

 

Kemudahan jaman sekarang sangat membantu Anda yang tidak sempat atau tidak memiliki waktu untuk antre di suatu instansi demi membayar tagihan listrik.

Cara Cek Tagihan Listrik Bulan Ini

Tagihan listrik PLN adalah salah satu tagihan rumah tangga yang dibayarkan setiap bulannya. Di Indonesia, hampir seluruh daerah telah menggunakan listrik. Namun ada beberapa yang belum terjamah oleh listrik karena kurangnya sarana prasarana.

Untuk pengecekan, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Paytren, Kudo, Bukalapak, Tokopedia dan lain sebagainya lalu Anda transfer uang Anda dengan nomor rekening. Warung-warung kecil saat ini juga bisa untuk membayar tagihan bulanan rumah tangga dengan bantuan aplikasi Android.

Advertisements

Tagihan listrik setiap rumah dapat berbeda sesuai dengan jumlah pemakaian dan level tarif yang digunakan. Ada beberapa jenis tarif dasar dengan subsidi dari pemerintah dan ada pula yang non subsidi. Listrik subsidi dipergunakan untuk rakyat yang kurang mampu, fasilitas umum, layanan publik dan industri kecil.

Jenis-Jenis Tarif Dasar Listrik PLN

Untuk informasi saja, ada beberapa jenis tarif dasar yang digunakan untuk kebutuhan listrik. Berikut ini 5 jenis tarif dasar sesuai dengan golongannya.

  • Golongan Rumah Tangga

Golongan ini dipasang untuk mencukupi kebutuhan listrik pada rumah tangga. Ada 3 tingkatan yaitu R1, R2 dan R3. Untuk R1 mendapat subsidi dari pemerintah. Biasanya pengguna golongan R1 adalah golongan masyarakat yang kurang mampu dan kebutuhan listriknya tidak banyak. Untuk tingkatan R2 dan R3 adalah listrik non subsidi yang harga per kWh mencapai Rp.1100,-.

  • Golongan bisnis

Golongan ini memiliki 4 tingkatan yang mana golongan b1 dan b2 mendapat subsidi dan golongan b3 dan b4 non subsidi.

  • Golongan sosial

Golongan ini digunakan untuk mencukupi kebutuhan listrik pada sekolah, panti asuhan, sekolah dan lainnya serta bersubsidi.

  • Golongan industri

Jenis industri untuk kebutuhan industri mulai dari industri kecil hingga besar. Industri kecil masih mendapat subsidi dari pemerintah sedangkan menengah hingga atas jenisnya non subsidi.

  • Golongan publik

Jenis ini untuk kepentingan publik seperti layanan publik dan kantor pemerintahan yang mana listrik yang digunakan adalah listrik subsidi pemerintah.

Demikian informasi mengenai cara untuk mengecek tagihan listrik PLN bulanan Anda. Sebagai warga negara yang baik sebaiknya Anda berhemat dalam penggunaan listrik untuk mendukung kesejahteraan masyarakat yang belum merasakan manfaat listrik pada kehidupannya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *