Cara Baru Cek Tagihan Listrik PLN 2020

Cara Baru Cek Tagihan Listrik PLN

Cara Baru Cek Tagihan Listrik PLN – Artikel kali ini akan membahas tentang tagihan listrik PLN. Tentunya kita membutuhkan adanya listrik untuk keperluan sehari-hari seperti misalnya mencuci pakaian menggunakan mesin cuci, menyetrika, nonton TV, menyalakan AC, menonton TV, bekerja, memasak, dan lainnya.

Di kota hampir semua orang menggunakan listrik untuk beraktivitas setiap harinya. Di pulau yang terpencil memang jarang ada listrik tetapi seiring dengan perkembangan zaman, sekarang pulau tersebut sudah tidak terisolir listrik.

Advertisements

Cara Baru Cek Tagihan Listrik PLN

Sebagian besar rumah-rumah di Indonesia sudah menggunakan token listrik sudah bukan lagi menggunakan pembayaran listrik secara manual.

Banyak manfaat dari adanya token listrik ini yaitu salah satunya Anda tidak perlu ribet untuk antri membayar listrik di kantor PLN, hanya perlu membeli pulsa listrik di minimarket terdekat atau dapat melalui mobile banking.

Tips Agar Menghemat Penggunaan Listrik

Ada cara baru untuk melihat tagihan listrik PLN 2018. Kini Anda dipermudah dengan fitur cara mengecek tagihan listrik secara online.

Pengecekan listrik secara online dapat Anda lihat di web ataupun dengan menginstall aplikasi PLN. Jika Anda tidak mempunyai akses internet, maka Anda dapat menghitung tagihan listrik secara manual berdasarkan kwh.

Advertisements

Bagi Anda yang memiliki ATM, maka Anda dapat mengecek tagihan listrik dengan cara memasukkan nomor pengguna listrik atau ID. Ada sebagian orang yang terkejut pada saat melihat tagihan listrik, maka Anda harus menghemat penggunaan listrik untuk masa depan yang lebih baik.

Berikut ini merupakan tips untuk menghemat penggunaan listrik yaitu :

  • Batasi penggunaan listrik untuk hal yang tidak perlu

Seperti misalnya menyalakan AC di saat cuaca sudah dingin karena yang akan membuat tagihan listrik menjadi mahal. Sebaiknya gunakan AC pada saat cuaca panas saja.

Jika Anda masih dapat menyapu dengan sapu biasa sebaiknya Anda tidak perlu menggunakan vacum cleaner. Sebaiknya menggunakan alat elektronik yang hemat listrik karena sekarang sudah banyak alat elektronik yang sudah menggunakan teknologi terbaru yang tentunya hemat listrik.

  • Kurangi penggunaan lampu di siang hari

Jika tidak perlu menggunakan lampu di siang hari sebaiknya Anda mematikan lampu yang tidak dipakai agar menghemat penggunaan listrik. Lampu LED juga dapat menghemat penggunaan listrik.

Jika Anda ingin menghemat listrik sebaiknya Anda menggunakan lampu LED. Gunakan lampu hanya di sore menjelang malam hari saat cuaca sudah mulai gelap.

  • Mematikan stop kontak jika sedang tidak digunakan

Setelah Anda mencharge Hp pastikan charge Anda sudah tidak tersambung ke stop kontak atau pastikan stop kontak Anda sudah mati dan tidak terhubung ke listrik karena hal itu akan membuat tagihan listrik Anda semakin besar.

Demikian artikel mengenai tagihan listrik PLN 2018. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai cara untuk mengecek tagihan listrik ataupun tips hemat menggunakan listrik.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *