Biaya Pemasangan Listrik Prabayar PLN 2020

Biaya Pemasangan Listrik Prabayar PLN

Biaya Pemasangan Listrik Prabayar PLN – Artikel kali ini akan membahas tentang biaya pemasangan listrik prabayar yang dilakukan langsung oleh PLN. Salah satu kebutuhan penting bagi setiap rumah adalah adanya aliran listrik, hal itu karena sudah hampir tidak mungkin kebanyakan orang bisa hidup tanpa listrik.

Seiring dengan perkembangan jaman maka listrik saat ini tidak hanya tersedia secara pasca bayar tetapi juga prabayar layaknya pulsa di handphone Anda.

Advertisements

Hal ini tentu saja menjadi suatu keuntungan tersendiri bagi yang ingin lebih hemat dalam menggunakan listrik, sehingga banyak yang beralih dari pasca bayar ke prabayar.

Penyambungan Baru Untuk Listrik Prabayar

Untuk bisa menikmati listrik prabayar maka Anda harus melakukan beberapa hal yang dimulai dari pendaftaran ke PLN. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk penyambungan baru dari listrik prabayar.

Biaya Pemasangan Listrik Prabayar PLN

  • Pertama-tama Anda harus melakukan pendaftaran yang bisa Anda lakukan melalui loket PLN, SMS, Online di website resmi PLN, ataupun bisa menghubungi costumer service di 123. Setelah itu barulah Anda akan mendapat nomor registrasi.
  • Kemudian Anda akan diminta untuk melakukan pembayaran biaya pembayaran serta stroom perdana yang disesuaikan dengan nomor registrasi.
  • Setelah itu petugas PLN akan mendatangi rumah Anda untuk melakukan survei.
  • Kemudian petugas melakukan pemasangan di rumah Anda dan meminta Anda untuk tanda tangan surat perjanjian jual beli tenaga listrik.
  • Anda dapat menikmati listrik prabayar setelah Anda memiliki Sertifikat Laik Operasi atau SLO.

Syarat Untuk Melakukan Pemasangan Listrik Prabayar

Untuk Anda dapat melakukan pemasangan maka dibutuhkan beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi, antara lain.

Advertisements
  • Fotocopy kartu identitas Anda yang masih berlaku, dapat berupa KTP ataupun SIM.
  • Denah untuk menuju ke lokasi rumah Anda.
  • Uang untuk membayar biaya penyambungan.
  • Surat kuasa (opsional) hanya jika Anda diminta untuk mewakilkan seseorang.

Biaya Pemasangan Listrik Prabayar Baru Dan Peralihan.

Pemasangan listrik prabayar baru tentu saja Anda akan dimintai biaya untuk memasangnya. Aturan ini tercantum dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No 33 Tahun 44.

Aturan tersebut mengenai biaya yang berhubungan dengan adanya penyaluran tenaga listrik PLN dan tingkat mutu pelayanan. Berikut ini biaya yang sudah ditetapkan oleh peraturan tersebut.

  • Untuk daya 450 V maka dikenakan tarif Rp. 421.000
  • Untuk daya 900 V maka dikenakan tarif Rp. 843.300
  • Untuk daya 1.300 V maka dikenakan tarif Rp. 1.218.000
  • Untuk daya 2.200 V maka dikenakan tarif Rp. 2.062.000

Tetapi khusus untuk listrik prabayar, pemerintah hanya memperbolehkan minimal daya sebanyak 1.300 V sehingga biayanya sudah dipastikan minimal adalah Rp. 1.218.000. Biaya pemasangan listrik prabayar tersebut belum termasuk dengan biaya voucher perdana listrik.

Jika Anda merupakan pelanggan pasca bayar yang ingin beralih ke prabayar maka Anda tidak akan dikenakan biaya  atau gratis. Anda hanya akan diminta uang untuk membeli token listrik sebesar Rp. 20.000.

Demikian artikel tentang biaya pemasangan listrik prabayar beserta dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *