Berikut Cara Mengetahui Listrik Sudah Dibayar atau Belum

Berikut Cara Mengetahui Listrik Sudah Dibayar atau Belum

Berikut Cara Mengetahui Listrik Sudah Dibayar atau Belum – Pada artikel ini akan mengulas tentang bagaimana mengetahui listrik sudah dibayar atau belum. Hampir seluruh penduduk di Indonesia berlangganan listrik yang bersumber dari pemerintah atau PLN.

Dengan demikian, seluruh penduduk juga mempunyai tanggungan untuk membayar tagihan listrik. Dalam pembayarannya terlebih dahulu kita perlu mengetahui statusnya, apakah sudah terbayar atau belum. Berikut cara mengetahui status pembayaran listrik :

Advertisements

Berikut Cara Mengetahui Listrik Sudah Dibayar atau Belum

Berikut Cara Mengetahui Listrik Sudah Dibayar atau Belum

  • Secara online

Untuk mengetahui status pembayaran secara online yaitu dengan mengeceknya pada situs resmi PLN, yaitu pada website www.pln.co.id/info-rekening/tagihan.php lalu isilah kolom tagihan dengan nomor rekening listrik milik Anda. Selanjutnya klik tombol cek di sampingnya.

Apabila layar menampilkan info atau menunjukkan jumlah nominal maka menandakan bahwa tagihan listrik belum dibayarkan. Sedangkan apabila layar menunjukkan data blank atau kosong, berarti tagihan Anda sudah terbayarkan.

Jika situs PLN ini terjadi pelambatan, maka Anda dapat menggunakan alternatif situs lain yaitu www.bill.com/cek tagihan listrik-pln-online-bulanan.

Advertisements
  • Via SMS

Cara mengetahui listrik sudah dibayar atau belum juga dapat dilakukan melalui SMS. Caranya mudah layaknya kita berkirim pesan seperti biasa. Cara mengeceknya yaitu dengan mengetikan pesan ke nomor 8123 yang berisi REK (spasi) No ID Pelanggan.

Format tersebut digunakan jika Anda hendak mengetahui tagihan listrik saja. Jika ingin berlangganan mengecek tagihan dan statusnya, ketikan format PLN (spasi) ON (spasi) No.ID Pelanggan lalu dikirim ke nomor yang sama, yaitu 8123.

Kemudian Anda akan mendapat balasan berupa tagihan yang dibebankan jika tagihan tersebut belum dibayar. Jika sudah maka akan ada pemberitahuan bahwa transaksi pembayaran sudah dilakukan.

  • Melalui HP Android

Aplikasi Android juga ada yang dapat digunakan untuk membantu mengecek status pembayaran. Caranya yaitu dengan menginstal sebuah aplikasi dari appstore atau alamat url  pada https://play.google.com/store/apps/details?id=id.spiderm4x.plninforek.

Kemudian masuk pada aplikasi tersebut dan masukan nomor ID Pelanggan milik Anda lalu klik cari atau klik simbol kaca pembesar. Kemudian layar akan menunjukkan histori pembayaran lalu cek pada bulan ini apakah statusnya sudah lunas atau belum. Jika sudah lunas maka akan muncul tulisan Lunas.

Satu aplikasi lain yang dapat digunakan yaitu BebasBayar. Cara pengecekan tagihan melalui situs ini yaitu yang pertama Anda harus sudah menjadi member pada BebasBayar. Selanjutnya masuklah ke akun BebasBayar Anda tersebut maka akan muncul halaman member area.

Setelah masuk pada halaman member area, pilihlah menu PLN dan masukan ID pelanggan PLN yang hendak Anda cek status pembayarannya. Langkah berikutnya yaitu klik tombol Periksa, dan pada kolom hasil akan bertuliskan Tagihan sudah terbayar hanya jika Anda sudah melunasi pembayarannya.

Demikian cara mengetahui listrik sudah dibayar atau belum. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan membantu para pembaca sekalian.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *